Alat untuk Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran pada Anak

Cara alami bagi seorang anak untuk belajar adalah melalui bermain. Untuk anak-anak bermain dan belajar bergandengan tangan; mereka akan mendapat manfaat dari situasi belajar yang menyenangkan. Dengan menggunakan blok bangunan, bekerja dengan jigsaw dan threading mainan, dan mencocokkan warna, tekstur, dan bentuk, anak-anak memperoleh keterampilan penting, yang memungkinkan mereka untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Anak-anak akan menciptakan permainan dan mainan mereka sendiri, tetapi mainan yang dirancang dengan baik dapat memberikan rangsangan untuk menjelajahi dan menemukan hal-hal baru. Mainan tidak perlu mahal atau rumit. Mainan terbaik adalah mainan yang mempesona seorang anak dan dia akan kembali lagi dan lagi. Seringkali barang-barang rumah tangga akan menyediakan anak Anda dengan jenis mainan yang dia butuhkan untuk memastikan pencapaian intelektual di masa depan, tidak perlu membeli bahkan satu mainan pendidikan.

Menyediakan Lingkungan Stimulasi

Salah satu cara untuk mendorong perkembangan anak Anda adalah untuk menumbuhkan permainan kreatif dengan lingkungan yang mengundang. Cara Anda menampilkan mainan anak Anda untuk menentukan apakah mereka akan dimainkan atau tidak. Mainan yang ditumpuk tinggi tidak mengundang, sedangkan mainan diatur ke dalam adegan kecil, merangsangnya untuk kadang-kadang bahkan membuat pengaturan kreatif lainnya

Akan sangat membantu jika ada ruang untuk bermain, terutama area aktivitas, seperti meja lukisan dan di suatu tempat yang bisa dia siram dengan air. Lingkungan yang menarik tidak hanya terbatas hanya di dalam ruangan. Jika Anda memiliki kebun, isi dengan peralatan yang sesuai, seperti ayunan, seluncur, dan bahkan sedikit bukit bermain – semuanya menstimulasi imajinasi anak Anda

Memilih Mainan

Orangtua terkadang merasa frustrasi ketika mereka menghabiskan berjam-jam memilih mainan paling aman, paling berwarna, paling menyenangkan, dan bahkan mendidik untuk anak mereka, hanya untuk mengetahui bahwa dia akan menempel pada mainan lamanya. Hampir tidak mungkin memilih 'mainan terbaik' untuk anak Anda. Salah satu yang terbaik untuknya adalah yang membuatnya tak henti-hentinya, dan untuk itu dia akan kembali mendapatkan lebih banyak stimulasi dan kesenangan dan akan memberinya pengalaman belajar terbesar.

Iklan yang kurang terbentuk lebih mendasar mainan, semakin banyak kemungkinan untuk meninggalkan imajinasi anak dan dapat membantu kreativitasnya, lebih dari boneka yang sangat mahal yang hanya bisa menjadi satu karakter.

Salah satu hal terpenting untuk diingat adalah bahwa anak-anak berubah dengan sangat cepat, terutama dalam 3 tahun pertama dan bahwa mainan yang menghibur seorang anak berusia dua bulan, tidak akan menghibur seorang anak berusia dua tahun. Ketika mereka berkembang mereka membutuhkan rangsangan yang berbeda dan pilihan mainan harus mencerminkan kebutuhan ini. Mainan yang dipilih harus sesuai untuk usianya. Jika terlalu mahir, maka dia tidak akan tahu untuk memainkannya dengan cara yang tepat, dan tidak akan mendapatkan kesenangan. Jika di sisi lain, itu terlalu primitif, dia akan mudah bosan. Mainan harus menstimulasi semua 5 indra-penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan perasa.

Setelah memutuskan jenis mainan yang tepat untuknya, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lagi. Apakah benar-benar aman? Apakah itu merangsang? Apakah itu memiliki nilai bermain? Apakah itu menyenangkan? Sebagai contoh, sekantong batu bata adalah mainan 'bagus' untuk dibeli karena dapat dinikmati pada usia yang berbeda dengan kesenangan dan akan merangsang bermain imajinatif dan aktif. Mainan yang cocok bersama atau kancing bersama mengajarkan anak-anak bahwa mereka dapat mengubah penampilan dengan ketangkasan.

Keamanan juga merupakan pertimbangan yang sangat penting ketika memilih atau membuat mainan. Anda tidak boleh hanya memeriksa kesalahan desain yang berbahaya saat membelinya tetapi juga saat memeriksa cacat pada interval reguler. Tidak mungkin menyediakan anak dengan lingkungan yang benar-benar aman. Namun, Anda harus mengambil tindakan pencegahan yang bijaksana dan memuaskan rasa ingin tahunya dengan mainan dalam ruangan yang aman. Anak-anak Anda harus selalu diawasi dengan baik dan tidak pernah dibiarkan bermain sendirian di luar rumah.

Menggunakan Barang-barang Rumah Tangga untuk Membuat Mainan

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memberinya uang mainan terbaik yang bisa dibeli. Melihat sekeliling dapur dengan cepat dapat memberikan anak Anda kesenangan yang menyenangkan.

Wadah

Wadah makanan plastik adalah mainan rumah tangga yang paling serbaguna. Wadah plastik dengan ukuran berbeda dapat digunakan untuk memasukkan game yang diambil. Masukkan beberapa pulsa kering dalam wadah tertutup rapat dan Anda memiliki panci saus dengan sendok kayu untuk membuat set drum.

Makanan

Pulsa kering dapat menempel di keping kartu untuk membuat kolase dapur. Sayuran seperti kentang dan wortel dapat dibuat menjadi blok pencetakan.

Barang Kertas

Toilet gulung dengan hiasan kecil membuat boneka jari. Boneka tangan juga bisa dibuat dari kantong kertas. Gulungan kapas kosong ketika berulir bersama membuat mainan tarik yang baik, terutama jika dicat menyerupai ulat.

Hindari T.V. di Young Kids

TV memiliki efek memukau dan mematikan pada anak-anak dan memotong mereka dari pengalaman langsung dunia mereka sendiri yang diperlukan untuk berkembang. TV mengurangi jumlah kontak sosial dengan orang tua yang penting bagi perkembangan sosial dan linguistik.

Buku dan Membaca

Satu cara, di mana orang tua dapat memperkaya lingkungan anak, adalah dengan memiliki buku di rumah. Kata-kata sangat penting untuk cara kerja otak kita. Buku-buku memberi anak-anak kata-kata untuk mengungkapkan perasaan, gagasan, dan pikiran. Mereka menjelaskan dunia tempat dia tinggal. Mereka menyediakan alat untuk bermain imajinatif, memperkenalkan ide-ide dan menyenangkan.

Cobalah membaca untuk anak Anda setiap hari, atau bahkan beberapa kali seminggu dan sebaiknya pada waktu yang bersamaan. Pilih buku yang secara visual menarik dengan ilustrasi. Anak-anak suka foto orang, tempat, dan acara, yang akrab dengan mereka.

Dongeng mempesona anak-anak, dan mereka akan belajar membedakan antara nyata dan tidak nyata. Mereka juga mendorong pemikiran abstrak dan pemikiran kreatif.

Kosakata harus mudah dimengerti dan hasil cetakannya besar. Jalankan jari Anda di sepanjang hasil cetak, tetapi jangan memaksanya mengikuti jari Anda. Buat dia memperhatikan hal-hal dalam gambar. Baca kembali buku untuk anak Anda, terutama jika dia memintanya. Jangan berhenti membaca padanya meskipun dia mulai membaca sendiri. Ajari dia untuk mengurus buku. Simpan buku di rak buku rendah di kamarnya karena ini akan mendorong penjelajahan, dan selalu memiliki variasi.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *